Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, Semoga rahmat Allah yang Maha Kuasa senantiasa melingkupi kehidupan kalian.
Kali ini blog berkarya seni rupa membagi unggahan latihan soal seni rupa kelas X dengan materi pameran dan kritik seni untuk persiapan menghadapi ulangan kenaikan kelas.
Semoga bermanfaat dan salam sehat.
Tulislah nama dan kelas . Setiap pertanyaan harus dijawab dengan mengklik satu option jawaban. Setelah selesai klik kirim. Tunggu keluarnya tulisan skor. Klik skor, kalian akan mengetahui skor dan jawaban yang benar. Hasilnya bisa dikirimkan ke guru kalian. Selamat berlatih!
Faktorlainyangmenjadidominanesensisenirupamodernialahkesadaranakan
nilaiindividu sebagai karakteraktivitasmanusia.HaliniberakardaribudayaRenaisans,humanismeuniversal yangakhirnyatampilsebagaiabadpencerahandiEropa.
Mengkajifenomenasenirupamodern,tentubermuladarijasakaumimpresionismePerancis, yangmenyelenggarakanpameran-pameranmerekapada tahun-tahun1874,1877,1879,1880,1881, 1882,dan1886.Meskipundalamtubuhimpresionismeterjelmabeberapakeunikanindividu,tapi
secarakeseluruhankelompokinimenunjukkan kesatuansikap,yaknipemberontakan terhadap kaumakademis,sepertiJaquesLouisDaviddanJeanAugustieDominiqueIngres.
Perhatikan tema dan tehnik lukisan karya Jaques Louis David yang beraliran neo
klasik dibawah ini.
Lukisan karya Jacques Louis David, Napoleon Crossing the Alps,oil on canvas, 1801
Dalamtahun1876 kritikusDurantymenulis“Dariintuisikeintuisi,secarabertahapmereka tibapadadekomposisisinarmatahari menjadi
lapisanspektrum dan elemennya,kemudian mengkonstruksikannyamenjadikesatuandengankeselarasan baru,bagaikanwarnapelangiyang bertaburandiataskanvasmereka.”
Perkembangan seni rupa modern di Indonesia mengikuti
perkembangan seni rupa dariBarat yang
dibawa Belanda, Pada masa pergolakan penjajahan Belanda, bangsa Indonesia
berjuang untuk mendapatkan hak yang sejajar dengan bangsa-bangsa lain, terutama
hak untuk merdeka dari penjajahan asing. Pergolakan di segala bidang pun
terjadi, seperti dalam bidang kesenian yang berusaha mencari ciri khas Indonesia. Pelopor masa ini yang dikenal memilki semangat tinggi
adalah S. Sudjojono. Dia tidak puas dengan kehidupan seni rupa jelita yang serba indah, karena dianggap bertolak
belakang dengan kejadian yang melanda bangsa Indonesia. Sebagai langkah
perjuangannya, S. Sudjojono dan Agus Jayasuminta bersama kawan-kawannya
mendirikan PERSAGI (Persatuan Ahli-ahli Gambar Indonesia). Persagi bertujuan
untuk mengembangkan seni lukis di Indonesia dengan mencari corak Indonesia
asli. Konsep persagi itu sendiri adalah semangat dan keberanian, bukan sekadar
kecakapan melukis melainkan melukis dengan tumpahan jiwa.
Contoh lukisan karya Sudjojono yang beraliran impresionis.
Bandingkan dengan lukisan impresionisme yang dari negara Barat, terutama pada
pemilihan temanya.
Selain lukisan pengaruh Barat di
Indonesia juga berkembang lukisan yang bernafas Islam yaitu lukisan Kaligrafi. Berkembang
bersamaan dengan lukisan abstrak melalui pengembangan seni rupa melalui pendidikan formal. Lembaga pendidikan yang
bernama ASRI yang berdiri tahun 1948 kemudiaan
secara formal tahun 1950 lembaga tersebut mulai membuat
rumusan-rumusan untuk mencetak seniman-seniman dan calon guru gambar. Pada
tahun 1959 di Bandung dibuka jurusan seni rupaInstitut
Teknologi Bandung (ITB),
kemudian dibuka pula jurusan seni rupa di semua Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) diseluruh Indonesia.
Contoh lukisan abstrak karya seniman
Indonesia.
Lukisan karya Fadjar Sidik,
DinamikaKeruangan, 1920
Sekarang cobalah asah ingatan kalian dengan mengerjakan Teka Teki Silang dibawah ini ! Cara mengisi TTS: 1. Klik pada salah satu kotak TTS. 2. Kotak tempat jawaban akan di blok warna 3. Setelah pertanyaan muncul, tuliskan jawaban pada kotak yang diblok warna tersebut.